fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanFeaturedUncategorized

Dari Segi Ekonomi, Ini Dia Fakta Menarik dari Emas, Simak Selengkapnya!

Bagi banyak orang, emas merupakan barang yang sangat berharga, emas juga sering dijadikan sebagai mahar untuk pernikahan, sehingga emas ini memiliki banyak nilai manfaatnya. Selain itu emas juga dijadikan sebagai investasi yang paling lama yang sudah dikenal sejak dahulu.

Pada tahun ini pun investasi emas menjadi daya tarik bagi banyak orang karena memang kondisi ekonomi global yang saat ini belum stabil. Bahkan harga emas hari ini mencatatkan rekor terbaru.

Ada beberapa fakta menarik tentang emas dalam dunia ekonomi yang sebaiknya kamu ketahui. Dilansir dari Tamasia, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Harga emas fluktuatif

Disini fluktuatif adalah perubahan harga emas setiap harinya, baik itu naik ataupun turun. Di Indonesia harga emas mengikuti perubahan yang ada di dunia, harga emas naik dan turun sesuai dengan kondisi ekonomi global, baik pembeli maupun penjual mereka akan mengalami keuntungan dan juga kerugian akibat kenaikan dan penurunan harga emas.

Meskipun begitu, investasi emas sangat cocok untuk jangka panjang karena harga emas selalu mengalami kenaikan yang signifikan.

BACA JUGA  Meski Memiliki Banyak Kelebihan, Ternyata Google Classroom Juga Memilki Beberapa Kekurangan
  1. Cara menyimpan emas yang berbeda

Apabila kamu membeli atau memiliki emas fisik yang dapat kamu simpan, hal itu tidak akan mudah karena emas memanglah barang yang berharga dan rawan akan pencurian, apabila kamu lalai bisa saja orang lain akan mengambilnya. Apalagi bila emas fisik yang dibeli tidak atas nama pribadi, sehingga seseorang yang mengambilnya akan dapat langsung menjualnya.

Supaya kamu terhindar dari kasus pencurian emas, kamu dapat menggunakan fasilitas safe deposit box yang terdapat pada bank terdekat, namun apabila kamu menggunakan fasilitas tersebut, kamu akan dikenakan biaya tergantung dengan kebijakan bank serta jumlah emas yang kamu titipkan.

  1. Emas menjadi cadangan devisa

Dahulu kala, emas menjadi mata uang acuan, namun saat ini sudah tidak lagi. Meskipun begitu, emas tetap menjadi komoditas berharga yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara di seluruh dunia. Hingga saat ini, emas banyak dijadikan sebagai cadangan devisa oleh berbagai negara. Cadangan devisa merupakan sebuah aset yang dimiliki oleh bank sentral yang biasanya dalam mata uang cadangan yang berbeda.

BACA JUGA  Siapakah Sosok yang Menemani Ayana Moon pada Ramadhan Tahun ini?

Untuk saat ini negara yang memegang cadangan devisa terbesar adalah Amerika Serikat dengan emas sebesar 8.133 ton (75,8% dari total cadangan devisa berupa emas). Sementara itu Indonesia berada pada urutan ke 38 dengan emas sebesar 78.5 ton (sekitar 2,8% dari total cadangan devisa negara Indonesia).

Itulah tadi beberapa fakta menarik tentang emas dari segi perekonomian yang patut untuk kamu ketahui.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close