fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Luar Negeri / Dapat Melewati Medan Terjal, Ini Dia Bus Offroad 4WD Pertama di Dunia

Dapat Melewati Medan Terjal, Ini Dia Bus Offroad 4WD Pertama di Dunia

Untuk melewati jalan dengan medan yang sulit, motor trail memang menjadi favorit, dengan desainnya yang gagah serta suspensi yang mendukung, motor ini sangat cocok melewati segala medan sekalipun.

Namun selain motor trail, ada juga beberapa kendaraan roda empat yang dapat digunakan untuk melewati medan yang sulit seperti mobil off-road. Namun, kali ini kita akan membahas bus yang dapat digunakan saat berada pada medan yang terjal. Mungkin kita akan berfikir apakah hal itu memang benar-benar bisa? Bukankah bus memiliki dimensi yang cukup besar?

Seperti yang diketahui, bahwa bus merupakan kendaraan yang biasa digunakan di jalan aspal. Namun, ternyata ada bus yang telah dikembangkan sehingga dapat menjadi kendaraan yang mampu digunakan di jalan medan off-road.

Seperti dikutip dari TopGear, bus tersebut adalah Torsus Praetorian. Bus ini merupakan bus off-road berpenggerak 4WD pertama di dunia,  yang sudah mulai dijual di seluruh dunia.

Torsus Praetorian merupakan bus yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, yang khususnya merupakan perusahaan tambang. Mereka membutuhkan transportasi untuk karyawan saat akan berangkat ke kantor, sehingga dengan jalan yang terjal yang harus mereka lewati, mereka bisa menggunakan bus tersebut sebagai solusinya.

BACA JUGA  Fitur Terbaru Dari Oppo Color OS 7.2
Sumber: SlashGear

Untuk masalah spesifikasi, bus ini dibekali mesin diesel 6 silinder yang didasarkan pada sasis bus MAAN D0836 LFL40, bus ini akan dapat menghasilkan tenaga hingga 240 dk dengan torsi 925 Nm. Torsus diklaim dapat menerobos segala medan, yang merupakan kelebihan bus ini dibanding dengan bus lain yakni mampu melibas  semua medan baik jalan bersalju, jalan terjal, hingga jalanan menanjak seperti di gunung. Pasalnya bus ini didukung dengan suspensi pegas daun (leaf spring) dan memiliki ground clearance 389 mm. Lalu, bus ini juga dipasangkan ban offroad di keempat rodanya.

Untuk bagian dalamnya, Torsus Praetorian mampu menampung penumpang sebanyak 35 orang dalam kabin. Sementara itu, untuk bagian interior bus ini dilengkapi dengan DVD yang bisa memutar film dan sejenisnya yang dijamin tidak akan membuat penumpang merasa bosan.

Selain itu perusahaan pembuat bus ini juga menawarkan pilihan kepada konsumen, diantaranya adalah bus ambulans, bus untuk keperluan telekomunikasi, dan masih banyak yang lain. Perusahaan ini mengklaim bahwa produknya sudah tersebar di beberapa negara, seperti di Australia, Eropa, negara-negara di Afrika, dan negara-negara di Amerika Selatan.

BACA JUGA  Hari Bumi Sedunia, Di Rayakan Online 24 Jam

 

About syharil

Check Also

Di India, Angkatan Darat Diharuskan Hapus Facebook, TikTok, dkk! Ternyata Ini Alasannya

Dikabarkan bahwa Angkatan Darat India memerintahkan kepada pasukannya untuk menghapus sebanyak 89 aplikasi termasuk Facebook, TikTok, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *