fbpx
InternetTeknologi

Daftar 25 Aplikasi Yang Telah di Hapus Oleh Google Karena Berdampak Pada Keamanan Akun FaceBook

Ketika  masuk atau  LOGIN FB ke ponsel atau perangkat lain, maka password dan email akan tercatat dalam perangkat tersebut. Baru-baru ini ditemukan mengenai beberapa jenis aplikasi lain yang dapat mengakses email dan password yang telah log in di perangkat. Aplikasi tersebut diketahui oleh pihak Google dan akhirnya dihapus dari peredaranya karena dapat membahayakan pengguna FaceBook terkait informasi atau data yang bersifat penting dan pribadi.

Pihak Google telah mengidentifikasi sebanyak 25 aplikasi yang membahayakan dan dihapus dari  Google Play di Android. Aplikasi tersebut  membahayakan pengguna karena dapat mencuri password akun FaceBook dan informasi yang berharga lainya.

Data yang dilansir oleh ZDnet yang di kutip oleh Liputan6.com menunjukkan bahwa aplikasi yang membahayakan ini telah di unduh di Google Play sebanyak 2,32 juta kali. Sejumlah aplikasi tersebut dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang sama, tetapi nama dan fungsi aplikasi berbeda. Cara kerja dari aplikasi tersebut sama meski memiliki fungsi dan fitur yang berbeda.

BACA JUGA  Segeralah Hapus Aplikasi Ini di HP Kalian Jika Tidak Ingin Data Pribadi Anda Dicuri

Perusahaan keamanan asal Prancis Evina mengatakan bahwa aplikasi tersebut berkamuflase menjadi fungsi yang  lain, seperti aplikasi edit foto, edit video, senter, wallpaper, file penyimpanan, bahkan juga menyamar menjadi sebuah game. Yang dimana aplikasi tersebut banyak diminati dan di unduh. Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sah, namun terdapat juga dampak berbahaya yang disisipkan melalui fungsi dan fitur yang lain.

Evina juga mengatakan bahwa aplikasi tersebut memiliki sebuah kode, dimana kode tersebut bisa mendeteksi aplikasi yang baru digunakan dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Aplikasi jahat ini dapat membuat sebuah laman palsu atau phishing ketika membuka Facebook, dimana aplikasi ini melapisi jendela browser web.

Sangat berbahaya jika aplikasi ini dapat mengambil data yang penting dan password FB saat berada di phishing. Data dari mencuri ini lalu dikirimkan ke server yang berada di airshop.pw. temuan 25 aplikasi ini, telah dilaporkan oleh Evina pada akhir mei lalu dan telah dihapus oleh pihak Google pada awal Juni. Pihak Google juga memberitahu pengguna akan masalah ini dan menonaktifkan aplikasi dari perangkat milik pengguna melalui layanan Play Protect.

BACA JUGA  FB : Daftar Facebook & Log in fb Dengan Mudah, Download Face book Lite di Hp

Daftar ke 25 aplikasi tersebut adalah:

  1. Super Wallpaper Flashlight
  2. Padenatef
  3. Wallpaper Level
  4. Countour Level Wallpaper
  5. iPlayer & iWallpaper
  6. Pedometer
  7. Vidio Maker
  8. Color Wallpaper
  9. Powerfull Flashlight
  10. Super Bright Flashlight
  11. Super Flashlight
  12. Solitaire
  13. Accurate Scanning Of QR Code
  14. Classic Card Game
  15. Junk File Cleaning
  16. Synthetic Z
  17. File Manager
  18. Composite Z
  19. Screenshot Capture
  20. Daily Horoscope Wallpaper
  21. Wuxia Reader
  22. Plus Weather
  23. Anime Live Wallpaper
  24. iHealt Step Counter
  25. .com.tqyapp.fiction

Yang keseluruhan telah diunduh lebih dari 2.34 juta kali diunduh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close