fbpx
E-CommerceGaya HidupLuar NegeriViral

Colin Huang, Pemuda Yang Geser Posisi Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Tiongkok

Pendiri Alibaba, yakni Jack Ma yang sebelumnya menjadi orang urutan pertama terkaya di Cina disalib oleh Colin Huang, founder e-commerce Pinduoduo. Bahkan kekayaan Huang kini naik hampir 300%, hampir mendekati kekayaan dari bos Google Larry Page sebesar US$ 64,3 miliar dan Sergey Brin US$ 62,6 miliar.

Forbes mengatakan bahwa kekayaan Huang naik dikarenakan saham Pinduoduo melesat naik 6% menjadi US$ 87,58 di perdagangan Nasdaq. Diketahui bahwa kekayaannya saat ini sebesar US$ 45,4 miliar, sedangkan Jack Ma tertinggal yang diketahui saat ini memiliki kekayaan sebesar US$ 43,9 miliar.

Sebagai informasi, Pinduoduo merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2015 lalu oleh Huang. Dalam waktu yang singkat, perusahaannya tersebut berhasil menjadi perusahaan ritel terbesar di China yakni dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 104 miliar.

Perusahaan ini diketahui juga mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen. Selain itu, atas kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan juga mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini. Sebelum mendirikan perusahaan ini, ia memiliki Xinyoudi Studio sebagai tempat untuk mengembangkan game online dan Ouku.com sebuah platform online untuk alat elektronik dan juga peralatan rumah tangga.

BACA JUGA  Review OPPO A3S Spesifikasi Lengkap

Dalam perjalanan karirnya, pada 2004 Huang pindah ke China dan bergabung menjadi tim Google di negara tersebut. Diketahui bahwa ia merupakan lulusan ilmu komputer di Universitas Zhejiang dan telah meraih gelar magister dalam bidang ilmu komputer dari University of Wisconsin Madison.

Huang yang baru menginjak usia 39 tahun menjadikannya sebagai seorang miliuner terkaya dan termuda yang ada di China. Sebenarnya ia waktu kecil memiliki latar belakang yang tidak terlalu mewah, orang tuanya bekerja sebagai buruh pabrik di pinggiran Hangzhou, meskipun dirinya lahir dari keluarga miskin, namun ia memiliki bakat yang hebat.

Pada saat ia berusia 18 tahun, ia menimba ilmu komputer di Universitas Zhejiang, ia juga sempat menjadi pegawai magang di kantor Microsoft di Beijing dengan gaji 6.000 yuan, ia mengaku bahwa pada saat itu gajinya sudah lebih besar daripada gaji ibunya.

Setelah itu ia melanjutkan perjalanannya ke AS dan mendaftar di University of Wisconsin untuk meraih gelar masternya dalam ilmu komputer. Karena kemampuannya yang hebat, profesor yang mendidiknya memberi rekomendasi masuk ke perusahaan raksasa teknologi terbesar pada awal 2000-an, Oracle, Microsoft, dan IBM.

BACA JUGA  Beginilah, Citra Terbaru Planet Jupiter

Dia pun menerima tawaran tersebut, namun menolak semuanya untuk melamar pekerjaan di Google pada tahun 2004. Setelah 3 tahun saat dirinya menjadi insinyur di Google, saham perusahaan melonjak dari 85 dollar AS menjadi lebih dari 500 dollar AS, hal itu membuatnya memiliki kebebasan finansial dasar.

Dengan pengalamannya dalam e-commerce serta game, ia melihat jalan yang kuat untuk pengalaman pembelian online. Atas hal tersebut, Huang meluncurkan Pinduoduo pada tahun 2015, yang bahkan saat itu ruang e-commerce di Tiongkok sudah dikuasai oleh Alibaba dan JD.com.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close