fbpx
CORONA UPDATELuar NegeriMobil & MotorTeknologiTravel

China Hadirkan Bus Sehat Anti Corona Untuk Meminimalisir Penyebaran Virus

Pada bulan Maret 2020 lalu, penyedia transportasi umum di Shanghai yakni Shanghai Sunwin Bus Corporation merilis “Healthcare Bus”. Hal ini mereka lakukan karena sebagian besar masyarakat Cina telah kembali bekerja dan transportasi umum perkotaan juga telah mengalami peningkatan jumlah penumpang.

“Dengan sebagian besar masyarakat China kembali bekerja, transportasi umum perkotaan telah mengalami peningkatan jumlah penumpang,” ujar Kepala Insinyur Sunwin, WeiFeng Kan.

Diketahui memang negara Tiongkok ini sebelumnya telah dilanda virus Corona yang cukup parah, saat ini mereka mencoba kembali bangkit dari keterpurukan tersebut. Moda transportasi umum kembali dibuka di negara ini, namun mereka tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Sumber: Indozone.ID

Bus yang diciptakan untuk mengurangi resiko penularan virus Corona disebut memiliki alat pengenal wajah, pemindai suhu tubuh, pencahayaan UV, dan sistem deteksi gas. Dengan adanya teknologi tersebut, mereka memastikan keselamatan penumpang dengan cara yang tidak invasif.

Sistem pengenalan wajah dan pengukur suhu tubuh akan dipasang disebelah mesin pengecekan tiket, yang nantinya berguna untuk memindai penumpang yang hendak naik bus. Dengan teknologi ini, akan dapat diketahui jika ada penumpang yang demam, sistem juga akan memberitahu pengemudi secara otomatis jika ada penumpang yang memakai masker atau tidak.

BACA JUGA  Dear Mahasiswa, Gak Usah Risau Inilah Kursus Online Gratis yang Patut Kalian Coba

Kecanggihan dalam teknologi ini akan membuat penumpang dan pengemudi tidak memerlukan kontak langsung, namun bus ini diklaim akan memperlambat lalu lintas dan operasional jaringan bus karena serangkaian proses keamanan kesehatan yang dilakukan.

Selain itu, dengan adanya pencahayaan UV di saluran udara dapat digunakan sebagai cara untuk mensterilkan dan membunuh virus secara efektif, hal ini terbukti dengan menghancurkan 99% bahan genetik mikroorganisme bakteri dan virus yang lebih kecil dari 253,7nm. Dengan adanya kombinasi pencahayaan UV dengan sistem penyaringan udara tersebut, akan mensterilkan bus setiap 20 menit sekali.

“Melalui penggunaan pencahayaan UV secara teratur dan penyaringan udara yang ditingkatkan, Sunwin Healthcare Bus memastikan bahwa meski dalam kasus yang jarang terjadi ada penumpang yang terinfeksi risiko infeksi pada penumpang lain berkurang secara signifikan,” ungkap WeiFeng.

Tidak hanya sebatas itu, namun sistem yang ada di bus ini juga dapat mendeteksi otomatis barang yang mudah terbakar dan meledak, sistem ini ditempatkan di bawah pintu depan dan belakang. Dengan adanya sistem tersebut tentu akan memudahkan pengemudi serta otoritas kesehatan setempat dalam mengetahui jika ada benda yang mudah terbakar di dalam bus.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close