fbpx
Dalam NegeriFeaturedUncategorized

Catat Tanggalnya! Berikut Program Kerjasama Kemendikbud dengan TVRI

TVRI merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia yang mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Saat ini, ia berstatus sebagai Lembaga Penyiaran Publik bersama Radio Republik Indonesia. Dalam menghadapi dampak penyebaran virus corona saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan TVRI yang akan menyiarkan program pendidikan dalam upaya mendukung kegiatan belajar dari rumah. Program ini akan siap ditayangkan mulai Senin (13/4/2020).

Menurut keterangan dari Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, program belajar dari rumah ini merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat pada masa tanggap darurat virus corona saat ini, pada Kamis (9/4/2020). Khususnya bagi siswa yang memiliki keterbatasan akses internet karena perihal ekonomi ataupun geografis, penyiaran kegiatan belajar melalui TVRI ini dapat menjadi solusi nya. Dengan adanya program belajar dari rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet.

Dengan diadakannya pembelajaran melalui saluran TVRI di program “Belajar dari Rumah” mencangkup materi yang fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

BACA JUGA  Terbilang Mewah, Ini Dia Spesifikasi Mercedes-Benz GLS 450 2020 di Indonesia

Dilakukan juga pengawasan dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat yang khususnya para siswa. Dalam hal ini Kemendikbud terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal pembelajaran, seperti pembuatan program yang edukatif, edutainment, atau platform teknologi, baik dengan mitra yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Menanggapi hal tersebut, para guru khususnya untuk sekolah negeri baik kalangan PAUD,SD,SMP, dan SMA sudah melakukan koordinasi dan pengumuman terhadap para siswa agar mengikuti program kegiatan belajar di rumah yang akan tayang diTVRI. Koordinasi dilakukan melalui pemeberitahuan melalui orang tua murid terlebih dahulu, serta dilanjutkan para orang tua memberi arahan kepada anaknya masing-masing. Selebihnya, tugas online masih dilakukan melalui platform Google Classroom.

Berikut jadwal rinci yang akan ditayangkan mulai Senin (13/4/2020) :

  1. 08.00-08.30 materi PAUD
  2. 08.30-09.00 materi SD kelas 1 sampai 3
  3. 10.00-10.30 materi SD kelas 4 sampai 6
  4. 10.30-11.00 materi SMP
  5. 14.00-14.30 materi SMA
  6. 14.30-15.00 materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close