fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTravelUncategorized

Catat Tanggalnya! Akan Terjadi Fenomena Menakjubkan 5 Planet Tampak Sejajar di Langit Nusantara

Berdasarkan informasi, akan terjadi 5 Planet yang akan tampak sejajar di langit dan berbentuk satu garis lurus. Fenomena alam ini dapat kalian saksikan di Indonesia. Bahkan bukan hanya sehari saja, namun dapat dilihat dalam waktu beberapa hari.hal ini terlihat pada subuh pukul 04.30 WIB. Hampir di seluruh dunia dapat melihat pada subuh waktu setempat, berdasarkan informasi dari Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Jika di perhatikan dari arah timur urutannya menjadi yang pertama adalah Merkurius, lebih tinggi ada bintang terang Venus atau bintang timur, Saturnus, kemudian yang warnanya kemerahan itu Mars, selanjutnya di atas kepala Jupiter juga cukup terang.

Terlihat jelas dari kelima planet tersebut yakni Venus, Jupiter dan Mars relatif lebih mudah dilihat dan dikenali. Untuk beberapa planet seperti Merkurius dan Saturnus memang agaknya tidak terlalu jelas untuk di lihat, lebih baik dengan bantuan teropong atau teleskop.

Kelima planet ini akan tampak jelas dengan mata telanjang pada sekitar satu jam sebelum mata hari terbit, mulai dari utara hingga ke Timur, demikian dijelaskan oleh Astronom dari Museum Victoria, Dr Tanya Hill. Sudah sejak zaman dahulu kelima planet ini bersinar terang dan memang terus diamati hingga saat ini.

BACA JUGA  Jelang Pertandingan, Premier League Umumkan 4 Kasus Positif Covid-19 Baru di 3 Klub

Urutan planet-planet ini tidak akan sama dengan urutan mereka dalam orbit lintasan Matahari. Berikut merupakan urutan dari wilayah Timur langit yaitu Merkurius (1) dan Venus (2) akan muncul berurutan, kemudian Saturnus (6) diikuti oleh planet Mars yang berwarna kemerahan (4), dan terakhir planet terbesar dalam tatanan tata surya.

Sedangkan secara alami garis yang terbentuk oleh planet ini, uniknya mengikuti alur matahari di langit, inilah yang disebut sebagai garis ekliptika. Demi untuk lebih mengidentifikasi dan mengamati garis ini, ia Dr Hill mejelaskan bahwa bulan juga akan berjalan melewati masing- masing planet yang dimulai dari Jupiter pada 28 Januari lalu dan di akhiri pada 7 februari lalu. Untuk lebih jelasnya kelima planet ini akan kembali pada satu jalur garis luru pada bulan Agustus dan terjadi hal yang sama lagi pada bulan Oktober.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close