fbpx
Gaya HidupKesehatan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Akurat, Cepat & Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Akurat, Cepat & Mudah.

Masalah berat badan sering menjadi body shaming atau ajang bullyian dijaman sekarang. Apalagi bagi kaum wanita, mengenai berat badan selalu ditakutkan jika terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Kadang kala hal ini dikarenakan tidak tahunya mengenai mengetahui cara menghitung berat badan ideal. Sehingga yang sebenarnya sudah ideal, namun dikarenakan salah hitung berat ideal membuat diri kita merasa kegemukan atau kekurusan. Dan berikut ini ada beberapa cara menghitung berat badan yang  ideal dengan mudah dan cepat.

Berat Badan ideal cenderung menjadi idaman banyak manusia. Terutama para wanita. Banyak hal dilakukan untuk bisa membuat badan ideal. Namun sebenaranya hal ini tidaklah salah, karena dengan kita memperhatikan berat badan yang ideal akan membuat badan kita  lebih sehat dan beraktifitaspun akan lebih lancar.

Cara menghitung berat badan ideal sering kali banyak yang salah menghitung. Hal ini kadang kala dapat menyesatkan mereka dalam menentukan berapakah berat badan ideal yang mereka miliki. Karena dalam menghitung berat badan ideal walaupun dirasa sangat mudah, tetapi juga tidak sembarangan dalam menghitungnya.

BACA JUGA  Simak! Penderita Mag Jangan Makan Ini Saat Berpuasa

Berikut ini cara menghitung berat badan ideal dengan mudah dan cepat :

  1. Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI (Body Mass Index )

Menghitung dengan cara ini sangatlah mudah. Karena tolak ukur berdasarkan berat badan dan juga tinggi badan tubuh anda.

Contoh:

  • Jika Saat ini kamu memiliki berat badan 70 kilogram dan tinggi 160 centimeter (cm) Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56.
  • Setelah itu, silahkan bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4.
  • Maka BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kamu termasuk normal.

Kategori BMI:

  • Berat Badan Kurang = <18.5
  • Berat Badan Normal = 18.5-24.9
  • Berat Badan Berlebih = 25-29.9
  • Obesitas = >30
  1. Cara Menghitung berat badan dengan rumus broca

Dalam menggunakan rumus broca ini untuk wanita dan pria caranya menghitung berbeda. Sehingga perlu anda bedakan dan perhatikan caranya.

Contoh :

Untuk Wanita:

  • Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca untuk perempuan: ((tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))
BACA JUGA  Ingin Menaikan Berat Badan? Yuk Konsumsi Makanan Berikut

Untuk Pria:

  • Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca untuk laki-laki: ((berat badan – 100) – (10% x (tinggi badan -100))

Setelah melihat rumus cara menghitung berat badan yang ideal diatas, maka anda akan mengetahui apakah berat badan anda saat ini sudah ideal? . jika selama ini mungkin anda masih salah dalam menghitungnya. Silahkan untuk mencoba dengan dua cara diatas. Silahkan anda tentukan yang mana yang paling mudah dalam menghitung berat badan yang ideal. Karena keduanya sama-sama akurat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close