fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam Negeri

Campur Tangan Presiden Jokowi Atas Batalnya Aksi May Day

Sumber: HerStory

Aksi May Day tahun ini dipastikan batal. Diketahui pula puluhan ribu buruh telah siap menggelar aksi pada 30 April 2020. Di dalam aksinya mereka menuntut agar pembahasan RUU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan ditunda. Namun aksi tersebut dipastikan gagal. Pasalnya, tuntutan para buruh sudah terpenuhi.

Menurut penjelasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kepada DPR untuk menunda pembahasan RUU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan. Hal itu bersamaan juga dengan pernyataan DPR yang juga akan menunda pembahasannya. Secara remi telah di sampaikan oleh DPR yakni langsung Ketua DPR sudah menyampaikan kepada masyarakat bahwa klaster Ketenagakerjaan dalam RUU Cipta Kerja ini pembahasannya ditunda, sesuai dengan keinginan pemerintah.

Jokowi menjelaskan bahwa dengan penundaan tersebut, pemerintah bersama DPR memiliki waktu yang lebih banyak untuk mendalami substansi dari pasal-pasal yang berkaitan mengenai buruh. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yakni  Andi Gani Nena Wea menuturkan bahwa seluruh buruh merasa haru mendengar keputusan Jokowi. Meskipun mereka telah mengaku sudah tau apa yang akan diumumkan Presiden.

BACA JUGA  Pingsannya Seorang Pria Penyebab di Batalkannya Shalat Tarawih

Mengetahui hal tersebut mereka mengakui saat ini menangis bahagia, terharu bahkan sampai sujud syukur atas rasa  bahagia, dari Sabang sampai Merauke,Jumat (24/4/2020).

Beberapa hari yang lalu Andi dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yakni Said Iqbal dan Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) yakni Elly Rosita Silaban bertemu dengan Jokowi. Mereka berdiskusi secara detail tentang Omnibus Law Cipta Kerja klaster ketenagakerjaan.

Andi mengungkapkan bahwa sudah bisa mengetahui tebakannya, bahwa Presiden Jokowi akan melakukan hal tersebut. Apalagi di tengah pandemi saat ini, dengan adanya demo merupakan hal yang mustahil di lakukan. DItakutkan akan adanya penularan massal virus corona jika sampai demo benar terjadi.  Dia yakin hal yang akan di sampaikan Jokowi pasti merupakan kabar gembira pada seluruh buruh.

Pria yang juga duduk sebagai Komisaris PT PP itu mengaku kenal dekat dengan Jokowi dan menjadi loyalisnya. Oleh karena itu dia berani mempertaruhkan jabatannya dan yakin tuntutan buruh akan dipenuhi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close