fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar Negeri

Bocor, Begini Penampakan Uang Digital China

Sumber: Tribunnews.com

Wabah virus corona Covid-19 tampaknya tak mengurungkan niat China menggarap uang digital serupa Bitcoin. Akhir-akhir ini beredar di media sosial tangkapan layar mata uang digital resmi China. China adalah negara pertama yang akan mengeksplorasi peluncuran mata uang digitalnya dan  dikontrol ketat oleh Bank Rakyat Tiongkok. Pengujian mata uang digital ini sebenarnya telah berlangsung selama beberapa bulan di bank-bank milik pemerintah China, seperti dilansir dari South China Morning Post, (16/4/2020). Berikut fakta-fakta tentang uang digital tersebut:

  1. Pemandangan Mata Uang Digital

Menurut sumber yang tidak disebut namanya tersebut, berkata bahwa “Seharusnya rahasia pada tahap ini serta kebocoran ini menawarkan pandangan pertama tentang seperti apa mata uang digital China mungkin bagi masyarakat umum.” Selanjutnya, sumber kedua juga menjelaskan bahwa tangkapan layar itu asli.

 

Sumber: Blockhain-Media-Indonesia
  1. Menggunakan Platform Pembayaran Online

Gambar tangkapan tersebut heboh tersebar di media social yang merupakan versi uji coba aplikasi seluler yang dikembangkan oleh salah satu bank milik negara terbesar di China yaitu Agricultural Bank of China. Selain itu, gambar tersebut menunjukkan aplikasi mata uang digital buatan pemerintah China yang  memiliki beberapa fungsi dasar yang mirip dengan platform pembayaran online. Hal tersebut memudahkan pengguna untuk melakukan dan menerima pembayaran, serta mentransfer uang.

BACA JUGA  Aneh, Sepatu Buluk Ini Laku Seharga Rp 700 Juta, Ternyata Ini Alasannya

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penelitian Mata Uang Digital, People’s Bank of China (PBOC) selaku pengawas pengembangan proyek ini , enggan mengomentari tangkapan layar uang digital China tersebut. Pasalnya, hal ini bersifat rahasia dan hanya mereka yang tau bagaimana bentuk asli mata uang digital tersebut. Selebihnya, hanya mereka pula yang berhak meluncurkan versi resminya.

Para netizen juga berasumsi bahwa tangkapan layar Yuan digital ini menunjukkan bahwa bagaimana wabah virus corona mengubah strategi ekonomi di Beijing. Sebab, diketahui bahwa selama diserang wabah virus corona, masyarakat di sana sangatlah khawatir dengan kemungkinan penyebaran virus lewat uang kertas maupun koin. Meskipun demikian, belum ada jadwal resmi kapan Yuan digital tersebut siap untuk diluncurkan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close