fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanFenomena AlamLuar NegeriUncategorized

Bikin Geleng-Geleng Kepala, Begini Kondisi Dasar Palung Mariana

Siapa yang tak kenal denga palung mariana, palung ini adalah bagian terdalam di bumi. Palung ini merupakan jurang terdalam yang terletak di dasar laut timur Pulau Mariana barat Samudera Pasifik dekat dengan Pulau Guam.

Palung ini juga dikenal sebagai perairan terdalam di dunia, di mana membentang sepanjang 2550 km dengan lebar 63 meter dengan kedalaman hingga 11 km. Selama ini banyak misteri yang tersembunyi di dalam palung terdalam di dunia ini. Banyak orang penasaran apa yang ada di dalamnya, banyak pula yang mengkaitkannya dengan monster laut.

Selanjutnya, konon katanya terdapat zona misterius yang minim ekplorasi. Perlu kalian  ketahui, kedalaman lautan memiliki empat zona yang dibagi oleh peneliti. Pada bathyal pertama pada kedalaman 3 km ke bawah, sedangkan abisal, 6 km ke bawah, sedangkan terakhir adalah handal di kedalaman lebih dari 6 km. Siapapun yang menyelam sampai zona abisal seorang diri pasti akan mati, dan tentu saja banyak hal yang masih misteri di kedalaman lebih dari 6 km.

BACA JUGA  Hydroxychloroquine : Fakta Dari Obat Virus Corona COVID-19 yang Kontroversial

Namun, pada 2019 lalu ada seorang pria bernama Victor Vescovo pensiunan perwira angkatan laut dan investor ekuitas swasta melakukan ekpedisi dengan menyelam ke dalam Palung Mariana. Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk melakukan misi pemetaan sonar yang mendalam di lima wilayah terdalam samudera kita.

Sumber: Unbeliavable Fact

Viktor adalah orang yang menyelami Palung Mariana pada 28 April 2019 dan dirilis pada 1 Mei. Diketahui kapal selam yang disebut The Limiting Factor menghabiskan empat jam menjelajahi dan memetakan dasar lautan. Hal tersebut adalah prestasi yang luar biasa mengingat fakta bahwa hanya segelintir orang yang mampu mencapai kedalaman ekstrem seperti itu. Vescovo memecahkan rekornya dengan selisih 62 kaki.

Sumber: Unbelievable Fact

Tim ternyata juga telah menemukan ekosistem yang berkembang bahkan di wilayah laut terdalam termasuk singkapan batu, ikan bekicot, cacing sendok, teripang, dan amphiopoda yang besar. Hal lain yang mengejutkan adalah mereka juga menemukan kantong plastik dan sampaih lainnya. Sekitar delapan juta metrik ton plastik memasuki lautan bumi setiap tahun. Hal ini menandakan bahwa ekosistem laut sangat terancam oleh polusi plastik tingkat tinggi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close