fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanLuar NegeriViral

Bersiaplah, Pemanasan Perang Dunia 3 Akan Segera Dimulai. AS vs China

Baru- baru ini terlihat pesawat angkatan udara Amerika Serika dikabarkan terbang di atas perairan dekat China. Mengutip dari lama resmi dari South China, pesawat tersebut diketahui adalah bomber B-1B Lancer.

Meski pun tidak menulis jelas waktu tepatnya hal itu terjadi, mengutip Twitter militer AS, media tersebut membenarkan pembom B-1 melakukan misi di Laut China Selatan. Kedatangan ini dilakukan setelah pelatihan dilakukan di pangkalan Angkatan Laut di dekat Hawai.

Seorang pengamat militer Beijing mengatakan bahwa sebelum ini, angkatan udara AS sudah beberapa kali terbang di atas Selat Taiwan dan Laut China Selatan. Terlihat dengan jelas Bomber tersebut terbang di atas pantai Taiwan timur pada 6 Mei 2020. Disebut- sebut AS mencoba menyebarkan pengaruhnya ke Taiwan.

Pada 14 Mei lalu, China juga telah memulai latihan militer di pelabuhan lepas kota Tangshan di Laut Kuning. Setidaknya Laut China Selatan sudah “panas” sejak tiga bulan terakhir karena kedua negara. Seorang Direktur Studi Internasional di Universitas Nanjing mengatakan bahwa AS sepertinya khawatir pandemi corona (COVID-19) yang menyebar membuat China makin berpengaruh di kawasan itu. “Atau mungkin meningkatkan operasi militer ke Taiwan,” katanya.

BACA JUGA  7 Kata Inspiratif R.A Kartini

Seorang pengamat militer asal Hong Kong yang bernama Song Zhongping menilai bahwa saking seringnya bomber AS terbang pastinya memberikan sebuah signal tertentu. “Ada potensi pertempuran di masa depan,” ujarnya.

Dia berpendapat bahwa bomber B-1B Lancer ini memang sengaja terbang untuk mengetahui kondisi medan perang. Negara antara China dan AS rupanya telah memasuki situasi kompetisi yang kompleks dan lebih suram dari perdang dingin AS-Uni Soviet dulu.

Kedua negara ini anatara AS dan China memang sudah diketahui memang sedang terjebak perang dagang sejak 2018 yang menekan dan berpengaruh pada perekonomian global. Meski sudah menandatangani fase I perdamaian, tensi keduanya naik setelah AS menyalahkan China karena penyebaran corona. Corona jenis baru yang penyakitnya kemudian diberi nama COVID-19 ini menyebar di Wuhan, China, Desember 2019. Sekarang AS menjadi negara dengan kasus terbanyak di dunia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close