Breaking News
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Berikut Beberapa Hal Penting dalam Pelaksanaan PSBB

Berikut Beberapa Hal Penting dalam Pelaksanaan PSBB

Dalam menghadapi maraknya penyebaran virus corona (Covid-19), pemerintah Indonesia secara resmi telah menjadwalkan pelaksanaan status Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) pada Jumat (10/4/2020). Hal ini juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersamaan persetujuan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terkait PSBB di Jakarta. “DKI Jakarta akan melaksanakan PSBB sebagaimana  oleh keputusan menteri efektifnya dilaksanakan mulai Jumat, 10 April 2020,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada konferensi pers, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

PSBB adalah peraturan  pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang terinfeksi virus corona untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus. Untuk pelaksanaan PSBB tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Berdasarkan aturan tersebut, berbagai kegiatan harus mengalami penyesuaian, misalnya tentang pola berkendara dan operasional transportasi massal. Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dari PSBB :

  1. PSBB berlaku selama 14 hari

Berdasarkan Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, PSBB akan berlaku selama 14 hari sejak diputuskan oleh Menkes.

2. Pembatasan sektor  transportasi

Dalam hal transportasi baik umum maupun pribadi mendapat pembatasan dengan memperhatikan jumlah penumpang dan tidak melupakan social distancing. Secara detail, pada transportasi umum di Ibu Kota, Pemprov DKI Jakarta membatasi jam operasional transportasi umum 06.00-18.00 WIB dan jumlah penumpang.

3. Tidak ada penutupan jalan

Polda Metro Jaya menyampaikan bahwa tidak ada penutupan jalan saat PSBB berlangsung di DKI Jakarta.

4. Tidak adanya tilang bagi pelanggar PSBB

Penertiban oleh Polda Metro Jaya dilakukan untuk menghindari perkumpulan orang dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dan tertib dalam berlalu lintas. Pada operasi kali ini kepolisian tidak melakukan penindakkan hokum, namun hanya penertiban saja.

5. Kegiatan pengiriman logistic berjalan normal

Kendaraan niaga seperti angkutan barang kebutuhan medis dan pangan masih tetap beroperasi selama PSBB yang mana bertujuan untuk tercukupinya  kebutuhan sehari-hari masyarakat.

About dewi

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *