fbpx
Dalam NegeriFoodieGaya HidupViral

Beredar Telur Infertil di Pasar! Berikut adalah Ciri-Cirinya

Kemarin dihebohkan dengan penemuan pedagang yang menjual telur infertil di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Telur infertil adalah telur yang tertunas yang tidak bisa menetas dan sudah melebihi masa simpanya,

Beredarnya kasus telur infertil ini sedang ditangani oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tasikmalaya. Penjualan ini melanggar Peraturan Menteri pertanian Nomor 32 Tahun 2017 tentang penyediaann, peredaran, dan Pengawasan Ayam RAS dan Telur Konsumsi.

Wilda Ardiansyah selaku petugas satgas pangan Kota Tasikmalaya, menyebutkan tentang ciri-ciri dan perbedaan antara telur yang memang konsumsi dengan telur infertil yang dijual di pasar.

Menurut Wilda, memang sepintas dari telur konsumsi dan telur infertil sama antara bentuk dan bedanya sulit untuk dibedakan. Tetapi, para pembeli bisa membedakan secara sepintas  dengan cara menerawang bagian dalamnya. Telur infertil di bagian dalamnya memiliki embrio yang berbentuk bulat didalamnya.

“Pertama, masyarakat harus curiga terhadap adanya penjual yang menjual harga telur yang murah dan jauh dari harga normal terlur. Pembeli langsung terawang, kalau didalamnya terlihat bulatan hitam, itu embrio dan dapat dipastikan telur infertil,” kata Wirda kepada wartawan, Jumat (12/6/2020).

BACA JUGA  Waww, Nenek Ini Viral Karena Menjadi Gamer Tertua di Dunia

Ciri-ciri lainya adalah warna luar telur infertil terlihat putih, sedangkan warna telur normal terlihat kemerahan. Warna pucat pada telur biasanya akibat dari proses breeding yang telah disemprot oleh beberapa campuran zat kimia.

Terlur infertil biasanya adalah sebuah telur yang sudah tidak bisa menetas menjadi anak ayam, tetapi masih dijual lagi oleh para penjual yang tidak bertanggung jawab ke pasaran yang dapat membahayakan apabila dikonsumsi. Selain itu masa penyimpanan telur ini juga relative pendek karena sudah disimpan di dalam mesin penetas.

“Telur infertil berbahaya jika dikonsumsi masyarakat, karena sudah terkombinasi oloeh zat kimia saat proses breeding,” Kata Wilda.

Selain dari ciri-ciri diatas, telur infertile memiliki ciri ketika telur dipecahkan, bulatan kuning telur tidak memiliki bentuk yang sempurna. Telur ini juga tidak akan bertahan lama dalam masa penyimpanannya, karena sudah terpotong masa simpan pada waktu penetasan, sehingga ketika dipecahkan aka nada sedikit aroma busuk.

“Telur infertil sejatinya telur yang telah busuk dan tak layak dikonsumsi. Biasanya tidak akan bertahan lama seperti telur yang pada umumnya,” jelas Wilda.

BACA JUGA  Pria Ini Mengaku Menderita TikTok Sindrom, Apakah Penyakit Itu Memang Ada?

Satgas Kota Tasikmalaya Jawa Barat, sebelumnya menemukan penjual telur ini pada saat masa pandemi di sekitar wilayah Kompleks Pasar Induk Cikubruk, Kota Tasikmalaya pada Selasa (9/6/2020). Pertama petugas curita lantaran harga telur tersebut seharga Rp 15.000 per kilogram di bawah harga normal terlur pada umumnya. Telur biasa seharga Rp 22.000 – Rp 24.000 per kilogramnya.

Sastreskrim Polres Kota Tasikmalaya mengamankan telur infertil sebanyak 4 kuintal telur dari seorang pedagang. Dikatakan bahwa telur ini dikirim dari Sumatera.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close