fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Berbahayakah Kolesterol Bagi Tubuh? Yuk Simak Penjelasan Berikut

Kolesterol adalah sebuah zat yang berada di dalam tubuh manusia. Setiap manusia memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya. Kolesterol sendiri terbetuk di hati dan fungsinya sangat penting. Terdapat dua macam jenis kolesterol, yaitu LDL yang merupakan kolesterol tidak bisa larut dan membahayakan untuk kesehatan tubuh. Sedangkan kolesterol HDL adalah jenis kolesterol yang baik dan diperlukan oleh tubuh dan dapat melarutkan kolesterol jahat.

Jika kolesterol baik lebih banyak dari pada kolesterol jahat, maka dalam tubuh akan menerima manfaat kesehatan, sedangkan jika kolesterol jahat lebih banyak dari jumlah kolesterol baik, maka akan menimbulkan penyakit. Batas dari kenormalan kolesterol adalah 160-200 mg. Banyak orang yang berfikiran negative mengenai kolesterol, mereka berpendapat bahwa semua kolesterol tidak baik untuk tubuh. Padahal tubuh juga memerlukan kolesterol baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Faktor pemicu penyakit naiknya kadar kolesterol ini adalah tidak seimbangnya makanan yang dikonsumsi, serta pola makan yang tidak terkontrol. Ternyata kadar kolesterol yang melebihi batas tidak hanya diderita oleh orang yang sudah tua, melainkan sering juga dijumpai pada remaja. Lemak adalah sumber utama yang menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol, semakin banyak makanan yang dikonsumsi mengandung lemak, maka dalam tubuh juga akan menumpuk lemak dan akhirnya memicu naiknya kadar kolesterol dari batas kenormalan. Banyak orang yang menggunakan cara menurunkan kolesterol secara alami dengan bahan yang mudah.

BACA JUGA  4 Tahun Menikah Belum Juga Mempunyai Anak, Ternyata Masih Perawan?

Kadar kolesterol jenis LDL yang tinggi, dalam tubuh akan mengakibatkan penyumbatan aliran darah. Timbunan dari makanan yang mengandung kolesterol jahat, akhirnya akan menghambat suplai makanan kepada jantung. Seiring berjalanya waktu jika terus menerus mengkonsumsi makanan yang tidak teratur, maka kondisi tersebut akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya ada banyak cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan sembari meminum obat. Bisa mengkonsumsi makanan yang banyak sayurnya, makan buah, biji-bijian yang utuh maksudnya, biji yang tidak diolah menjadi tepung, karena dalam buah dan biji-bijian terdapat serat yang diperlukan oleh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Gaya hidup yang sehat juga harus diterapkan, makan secara teratur, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, dan rajin berolahraga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close