fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanCORONA UPDATEDalam NegeriKesehatan

Benarkah, Pandemi Corona Sudah Sampai Puncak?

Sumber: Regional Kompas

Berdasarkan prediksi dari Ilmuwan dari Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD), saat ini Indonesai memang sedang memasuki masa puncak dari wabah virus corona. Prediksi yang dibuat oleh Laboratorium Inovasi Berbasis Data (DDI SUTD) tersebut memprediksi bahwa wabah corona ini akan berakhir pada bulan Juni 2020.

Sementara itu, pandemi di Tanah Air juga diprediksi 97 persen berakhir pada 4 Juni 2020 dan 99 persen berakhir pada 20 Juni 2020. Untuk diketahui, situs ini melakukan pemantauan perkembangan Covid-19 di puluhan negara, termasuk Indonesia.

Dengan metode perhitungan model SIR, akronim dari susceptible (rentan)-infected (tertular)-recovered (sembuh) digunakan untuk memperkirakan kurva pandemi virus Corona di suatu negara dan kapan akan berakhir.

Namun, benarkah saat ini Indonesia sudah memasuki periode puncak pandemi Covid-19?

Saat ini, Indonesia belum memasuki puncak dari Covid-19. Demikian kata pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono. Pandu mengatakan bahwa kita masih jauh dari puncak pandemi Covid-19. Di hari-hari mendatang, kemungkinan jumlah pasien positif Covid-19 diprediksi masih akan terus bertambah, Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA  Viral, Turis Asal Rusia Ngamen di Pasar Mataram

Pandu menuturkan bahwa perhitungan puncak sebelum hari raya lebaran akan terjadi bila masyarakat tidak mudik atau pulang kampung. Jika masyarakat tetap  melakukan perjalanan ke kampung halaman, baik untuk mudik atau alasan apapun, maka periode puncak Covid-19 akan bergeser lagi atau terjadi lebih lama lagi.

Diperlukan kebijakan tegas untuk hentikan penyebaran Covid-19 Pandu mengingatkan, jika Indonesia menargetkan bulan Juni Covid-19 di Indonesia berakhir, maka diperlukang strategi dan langkah nyata untuk memutus mata rantai penyebaran. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB tidak hanya untuk Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia yang saat ini sudah menerapkannya. Akan tetapi sebaiknya untuk semua wilayah Indonesia. “Karena persebaran Covid-19 sudah merata ke seluruh wilayah,” ungkapnya.
Selain PSBB, tes masal seperti rapid test juga harus dilakukan untuk memastikan jumlah pasien positif Covid-19 sesungguhnya.

Sebagai tambahan, pada Senin (27/4/2020), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa kehidupan masyarakat dapat kembali normal pada bulan Juli.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close