fbpx
BeautyGaya HidupTrik & Tips

Beginilah, 2 Tips Ampuh Memasak Rendang Agar Empuk & Tidak Mudah Hancur

Tak lama lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Meskipun Lebaran tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun lalu, pastinya menu makanan Lebaran tak berbeda bukan?  Biasanya ketika Lebaran datang, kita disuguhkan dengan banyaknya hidangan yang kaya cita rasa. Salah satu hidangan yang mengggugah selera adalah rendang.

Yupssi, rendang selalu menjadi primadona dan bahkan menu utama. Santer rendang ini merupakan makanan terlezat di dunia loh.  Apalagi membuat rendang dengan tekstur empuk, ternyata butuh waktu masak yang cukup lama. Bahkan banyak orang yang memasak rendang selama tujuh sampai delapan jam untuk mendapatkan tekstur rendang yang empuk. Daging yang dimasak dengan lama, beresiko mudah hancur. Untuk itu sebenarnya ada kunci untuk membuat daging rendang tetap untuh meskipun dimasak dalam waktu lama. Cara memasak daging rendang agar empuk namun tetap utuh ini banyak dipraktikkan oleh rumah makan khas Minang.

Berikut tips memasak rendang empuk tetapi tidak hancur dikutip dari Sajian Sedap:

  1. Masak dengan api kecil
BACA JUGA  Dari Menemukan Barang Hilang Sampai Bertemu Jodoh, Ini Arti Mitos Kedutan di Pelipis Kiri

Supaya daging tidak mudah hancur, gunakan api kompor kecil pada saat memasak. Memasak dengan api kecil membuat bumbu dapat meresap sempurna ke dalam daging. Penggunaan api yang besar saat memasak rendang membuat tekstur daging mudah hancur saat diaduk. Terlebih bumbu rendang jadi lebih cepat gosong.

  1. Perhatikan cara mengaduk

Saat memasak rendang, aduk lah sesekali saja ketika santan masih banyak. Setelah santan meresap, cara aduk rendang harus benar – benar diperhatikan. Cukup dengan mengaduk daging rendang dengan cara mendorong-dorongnya dengan punggung spatula kayu. Hal ini dilakukan agar bagian dasar wajan penggorengan tidak gosong dan santan tidak pecah saat dimasak.

Selain itu, sebaiknya masak rendang dalam waktu lama, agar bumbu lebih merasap dan lebih awet disimpan. Ada baiknya juga memilih wajan anti lengket agar bumbu tidak mudah menempel dan gosong di permukaan bawah. Jika rendang sudah dirasa empuk, angkat daging secara perlahan terlebih dahulu sebelum bumbu.

Nah, itulah uraian tips memasak rendang agar empuk dan tidak mudah hancur saat dimasak. Selamat mencoba ya dirumah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close