fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Begini, Cara Cek Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Begini, Cara Cek Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Sumber : Tirto.ID

Tercatat sudah 5.965.048 orang sudag mendaftar program Kartu Prakerja sampai hari Kamis (16/4/2020). Namun, yang telah terverifikasi terdapat 2.078.026 orang dengan 4,42 akun yang sudah melalui tahap verifikasi email. Untuk hasil pengumuman lolos atau tidaknya para pendaftar program Kartu Prakerja gelombang satu rencananya diumumkan pada Sabtu (18/4/2020).

Pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja 2020 batch atau gelombang I, dirilis mulai hari ini, Jumat (17/4/2020) hingga Senin (20/4/2020). Diiketahu untuk setiap minggunya, mulai dari 11 April 2020 sampai minggu keempat November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, dalam 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu.

Pengumuman Bertahap

Proses pengumumannya pada gelombang 1  bertahap hingga Senin (20/4/2020) puykul 10.00 WIB. Peserta juga bisa jadi mendapatkan notifikasi berbeda-beda. Dapat di cek lewat dashboard, e-mail, atau SMS, pendaftar Kartu Prakerja gelombang 1 diambil 200.000 orang. Sisanya masih mempunyai kesempatan mendaftar di gelombang-gelombang selanjutnya. Bagi peserta yang telah mendaftar pada gelombang 1 tidak perlu lagi registrasi lagi pada gelombang 2. Peserta mereka akan menerima email berisi situs peladen (link) untuk mengikuti gelombang kedua, begitupun seterusnya. Total nantinya ada 30 gelombang yang dibuka setiap seminggu sekali. Gelombang kedua atau yang terdekat dibuka pada Senin (20/4/2020) pukul 16.00 WIB. Mengenai perihal insentif akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta.

Bantuan Insentif

BACA JUGA  Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Resmi Dibuka, Simak Infonya

Bagi yang lolos, pemerintah menjanjikan akan memberikan bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja. Namun, perlu diketahui, bantuan tersebut tidak diberikan secara tunai. Bagi yang lolos akan mendapat bantuan pelatihan saldo sebesar Rp 1 juta. Saldo tersebut bisa digunakan dalam waktu 30 hari sejak diterima. Jika sudah hangus atau kedaluwarsa, saldo atau disebut pagu akan dikembalikan ke rekening kas negara. Tambahan, peserta akan mendapatkan sekali saja, tetapi itu bisa digunakan untuk ikut beberapa pelatihan

Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Kedelapan platform tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Sementara untuk mitra pembayarannya menggunakan Link Aja, OVO, dan Bank BNI.

 

About dewi

Check Also

Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Kuota Internet Gratis untuk Pembelajaran Daring

Para provider berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik bagi para pelanggannya, seperti Tri yang juga menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *