fbpx
FoodieGaya HidupKesehatanTrik & Tips

Beberapa Makanan Ini Bisa Meredakan Sakit dan Memperkuat Sistim Imunitas

Ketika sistim kekebalan atau imun dalam tubuh menurun, maka tubuh akan merasakan sakit dan lemas. Selain itu jika badan sakit berarti juga menandakan bahwa ada yang terganggu dalam fungsi organ tubuh. Saat masa wabah dan cuaca yang sering berubah seperti ini, maka kita harus selalu menjaga kebugaran tubuh dan sistim imun tubuh.

Makanan yang dikonsumsi pun juga menjadi faktor yang penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Makan dengan gizi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa makanan mengandung antibiotic dan memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara benar. Seperti mampu atasi serangan virus dan bakteri dalam tubuh

Agar tubuh selalu bugar dan memiliki ketahanan daya tahan tubuh yang bagus, maka harus mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dengan cara dikonsumsi secara berkala dan rutin. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki manfaat bagi tubuh :

  1. Teh

Selain dari air putih, saat tubuh capek atau sakit maka tubuh tetap membutuhkan nutrisi supaya tidak dehidrasi. Teh dapat membuat tubuh tidak terdehidrasi, selain itu teh juga dapat meredakan sakit tenggoroan dan pencernaan.

BACA JUGA  Meski Terasa Enak, Mengupil Ternyata Memiliki Bahaya Yang Mengintai, Ini Dia Penjelasannya

Pilihan jenis teh bisa disesueikan dengan sakit yang sedang diderita. Seperti teh peppermint yang memiliki kandungan mentol yang dapat meredakan sakit perut. Favlonoid yang ada di teh hitam bisa meredakan infeksi dan membangun imunitas daya tahan tubuh.

  1. Masu

Madu juga bagus untuk membangun imunitas dalam tubuh. Madu bisa dikonsumsi bersamaan dengan teh hangat. Dalam madu memiliki kandungan antibiotic yang dapat menyembuhkan sakit dengan cepat. Madu juga mengandung antimikroba, antioksidan, dan anti peradangan, sehingga jika dikonsumsi secara rutin akan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Madu juga bisa meredakan batuk, dengan cara cukup minum madu setengah sendoh teh sebelum tidur  untuk menekan reflek batuk pada anak yang berusia 1 tahun.  Untuk orang dewasa bisa mengkonsumsi 1 sdm madu. Hindari kebanyakan minum madu karena tinggi akan kalori.

  1. Bawang Putih

Bawang terkenal sebagai bumbu dapur dengan aroma yang menyengat. Selain memiliki aroma yang menyengat, ternyata bawang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bawang memiliki antibakteri yang mampu mrlindungi tubuh dari bakteri, dan infeksi dalam tubuh. Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung atau di campurkan dengan makanan yang lainya.

  1. Jeruk
BACA JUGA  Pasien Terlalu Banyak, Rumah Sakit Di Jawa Timur Telah Kelebihan Kapasitas

Jeruk memiliki aroma yang sejar dan rasa asam manis. Selain itu jeruk memiliki vitamin C yang berfungsi sebagai antihistamine yang dapat membantu mengatasi flu, akan lebih maksimal lagi ketika jeruk di konsumsi jika tidak dalam keadaan sakit, karena dapat membangun imunitas dalam tubuh.

  1. Jahe

Rempah jenis ini sudah sejak dulu dujadikan sebuah obat alami untk mengatasi sakit. Jahe memiliki antibakteri serta dapat membantu tubuh melawan bakteri saat sakit. Jika batuk, mual dan demam jahe bisa digunakan untuk meredakan sakit tersebut. Jahe bisa diolah menjadi wedang jahe atau juga bisa disedu dengan teh hangat.

 

Itu adalah beberapa makanan yang bisa di konsumsi saat sakit atau tidak sakit untuk menjaga sistim kekebalan dan daya tahan tubuh supaya tidak sakit.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close