fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Bau Mulut Saat Berpuasa? Hentikan Dengan Beberapa Kebiasaan Ini

Puasa adalah ibadah wajib yang selalu dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Mereka harus menahan lapar dan haus dari pagi hingga sore hari, tidak heran apabila orang yang sedang beribadah puasa memiliki ciri khas yaitu bau mulutnya. Meskipun bau mulut orang yang berpuasa menurut agama merupakan bau yang terbaik dihadapan-Nya, namun hal ini bukan berarti boleh untuk dibiarkan begitu saja.

Bau mulut ini akan lebih baik apabila bisa diminimalisir supaya teman disamping kita tidak merasakan efeknya. Bau mulut tidak bisa hilang secara instan, namun harus memiliki kebiasaan baik dalam sehari-harinya untuk mengurangi bau mulut tersebut. Maka dari itu, mari kita simak beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bau mulut.

  1. Sikat gigi dan flossing setiap hari

Menyikat gigi dua kali sehari merupakan hal dasar yang biasa kita lakukan, sehingga dengan ini kamu dapat terhindar dari kerusakan gigi yang lebih parah. Selain dengan menyikat gigi setiap hari, yang tidak kalah penting adalah melakukan flossing minimal sekali dalam sehari, diketahui bahwa flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss. Dengan dua hal tersebut kita dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi kita dengan lebih baik.

BACA JUGA  Inilah Sayuran Yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
  1. Mengurangi makanan manis dan yang bertepung

Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut seperti gigi berlubang, tidak hanya makanan manis namun makanan yang mengandung tepung pun juga tidak baik untuk kesehatan mulut.

WHO merekomendasikan untuk membatasi asupan gula di bawah 10% dari total batas kalori harian, hal itu dilakukan supaya menjaga kesehatan mulut lebih baik.

  1. Memperbanyak minum air putih

Berbeda dengan minuman manis, meminum air putih akan membuat kamu lebih sehat dan menyegarkan, air putih juga akan membuat mu mu terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air putih juga tidak akan merusak gigi dan mulut karena bebas dari asam.

  1. Mengunyah permen karet bebas gula

Dilansir dari dentahealth.org, mengunyah permen karet dapat mengalihkan keinginan untuk memakan cemilan yang sebagian besar besar yang sebagian besar merupakan penyebab dari masalah kesehatan gigi.

Selain itu, dengan mengunyah permen karet maka produksi air liur akan bekerja sebagai pertahanan alami mulut dari serangan asam yang meningkat.

  1. Rajin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali
BACA JUGA  Di India, Angkatan Darat Diharuskan Hapus Facebook, TikTok, dkk! Ternyata Ini Alasannya

Membiasakan untuk memeriksa gigi akan membantumu memastikan kesehatan gigi dan mulut dari berbagai gangguan kesehatan mulut yang lebih parah di masa depan.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir bau mulut saat berpuasa.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close