fbpx
CORONA UPDATELuar Negeri

Baru 3 Hari Dibuka, Sekolah di Korea Selatan Kembali Ditutup Karena Virus Corona

Wabah virus Corona yang saat ini terjadi di mana-mana, membuat banyak negara melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus tersebut. Baru-baru ini di Korea Selatan disebut telah mampu menekan angka penyebaran virus yang pertama kali muncul di Wuhan tersebut, bahkan setelah adanya kabar tersebut, beberapa negara juga ikut melakukan apa yang seperti dilakukan negara Korea Selatan.

Melihat hasil dari usaha mereka dalam menanggulangi virus Corona yang dibilang berhasil, akhirnya mereka sepakat untuk membuka kembali sekolah-sekolah yang ada di negaranya. Sebelumnya mereka menganggap bahwa hal itu akan baik-baik saja, namun ternyata hasilnya di luar dugaan.

Dari Intisari-online melansir dari thesun.co.uk pada Minggu (31/5/2020), pembukaan kembali sekolah yang ada di Korea Selatan dilaksanakan secara bertahap dimulai pada hari Rabu lalu, dimana mereka menerapkan langkah-langkah penjagaan sosial yang ketat serta tes suhu.

Namun sayangnya, hanya berselang tiga hari saja setelah mereka kembali membuka sekolah dan mengizinkan para siswanya kembali ke sekolah, mereka menutup kembali sekolah, hal ini dikarenakan adanya laporan sekitar 176 kasus positif virus Corona baru dalam tiga hari terakhir itu.

BACA JUGA  Tidak Tanggung-Tanggung, Covid-19 Telah Menginfeksi Sebanyak 600 Karyawan Amazon

Setelah adanya lonjakan kasus baru tersebut, pemerintah setempat mengumkan penutupan 251 sekolah di Kota Buncheon, sementara itu di ibu kota Seoul telah menunda pembukaan kembali 117 sekolah. Pemerintah Korea Selatan juga telah kembali menerapkan aturan menjaga jarak sosial selama dua minggu kedepan.

Menteri Kesehatan Korea Selatan, Park Neung Hoo juga telah mendesak perusahaan untuk kembali menerapkan jam kerja yang fleksibel bagi para karyawannya.

“Kami telah menutup tempat-tempat umum dan kembali menerapkan tindakan karantina di wilayah Metropolitan Seoul selama dua minggu mulai besok hingga 14 Juni,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa pencegahan penyebaran infeksi di wilayah Metropolitan tersebut sangatlah penting, ia mengimbau untuk kembali menjaga jarak sosial karena mereka telah gagal.

Sebenarnya kasus seperti ini tidak hanya ada di Korea Selatan, peningkatan kasus virus Corona baru juga terjadi di negara Inggris yang juga membuka kembali sekolah pada Senin lalu.

Sejauh ini, memang Korea Selatan dianggap telah berhasil dalam menangani pandemi virus tersebut dengan melibatkan rapid test dan melacak dengan cepat orang-orang yang terkait. Hingga hari ini pun, negara ginseng tersebut hanya mencatat 269 kasus kematian dari 11.402 kasus positif. Meski catatan tersebut sangat jauh dibanding negara-negara di Eropa ataupun Amerika Serikat yang memiliki kasus positif lebih banyak, mereka tetap khawatir terkait dengan gelombang kedua, sehingga menutup kembali sekolah dan tempat umum yang ada.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close