fbpx
CORONA UPDATEGadgetKesehatanTrik & Tips

Bahaya! Gadget dan Televisi Di Tengah Corona

Sumber: Selular.ID

Akhir ini dunia digemparkan dengan adanya virus corona, bahkan negeri tercinta kita pun ikut terkena dampaknya. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencegah tersebarnya virus tersebut, kebijakan untuk tetap tinggal di rumah menjadi hal yang sangat krusial ditengah pandemik tersebut. Gadget dan televisi pun menjadi sebuah pilihan untuk menghilangkan rasa kebosanan. Namun apakah cara tersebut merupakan pilihan yang tepat? Adakah dampak yang merugikan?

Gadget dan televisi memang tidak bisa dikatakan pilihan yang tepat sob, namun bisa dikatakan tepat apabila digunakan tidak berlebihan. Lantas, bagaimana jika digunakan secara berlebihan, tentu akan berdampak pada penggunanya. Nah, disini akan dibahas berbagai dampak yang terjadi dari penggunaan gadget dan televisi yang berlebihan.

Kesehatan

Berdiam diri dalam waktu yang lama menatap layar gadget ataupun televisi sangatlah berbahaya bagi kesehatan, kurangnya olahraga tentu akan membuat seseorang memiliki resiko tinggi terkena penyakit. Sebuah studi oleh Journal of American Medical Association pada 2003 mengatakan bahwa saat seseorang duduk menonton televisi selama dua jam sehari, dapat meningkatkan 14 persen resiko terkena penyakit diabetes. Dampak lain dari penggunaan gadget dan televisi yang berlebihan ini juga dapat mengakibatkan penyakit jantung, obesitas, asma, pusing, dan juga gangguan pada organ mata. Maka sebaiknya penggunaan yang berlebihan tersebut sangatlah penting untuk dihindari, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan.

BACA JUGA  Inspeksi Dadakan, Kedatangan Ganjar di Pabrik Rokok Penuh Histeris

Mental

Tidak hanya dalam kesehatan, namun mental pun akan terkena dampak dari penggunaan berlebihan tersebut. Gangguan mental yang terjadi akibat dari penggunaan gadget dan televisi yang berlebihan tersebut diantaranya adalah adanya perubahan perilaku, dan depresi. Bagi anak-anak pun sangatlah membahayakan, isolasi diri, kesepian, tidak bisa mengendalikan emosi, dan banyak lagi dampak yang pasti akan dirasakan.

Sumber: Klikdokter

Dilansir Daily Mail, penelitian yang dipimpin oleh Dr. KarenĀ  Heffler, menemukan bahwa anak-anak berusia satu tahun yang kerap menghabiskan sebagian waktunya melihat layar televisi dan gadget menunjukkan gejala autisme di usia dua tahun. Temuan ini mengungkapkan betapa bahayanya penggunaan televisi dan gadget yang berlebihan, peranan orang tua sangatlah penting untuk mencegah hal tersebut.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengurangi dari penggunaan gadget dan televisi yang berlebihan?

  1. Ketahuilah dampak buruk yang akan terjadi.
  2. Batasi penggunaan gadget dan televisi.
  3. Jika kita adalah orang tua, berilah contoh yang baik untuk anak-anak.
  4. Bersikap tegas dan disiplin.
  5. Berikan waktu untuk bersama keluarga lebih banyak.
  6. Jangan menggunakan televisi dan gadget jika tidak perlu.
BACA JUGA  Adakah Teknologi Modern Pada Zaman Dahulu?

Nah itu tadi bahaya serta cara yang dapat kita lakukan dalam menggunakan gadget dan televisi dengan benar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close