fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Astronom Temukan Lubang Hitam dekat Bumi yang Bisa di Lihat dengan Mata Telanjang

Astronom Temukan Lubang Hitam dekat Bumi yang Bisa di Lihat dengan Mata Telanjang

Diketahui para astronom telah berhasil menemukan sebuah lubang hitam (black hole) terdekat dari Bumi. Saking dekatnya, astronom mengatakan bahwa sistem bintang berisi lubang hitam itu bisa dilihat hanya dengan mata telanjang dan tanpa perlu teleskop.

Para astronom dari European Southern Observatory (ESO) dan berapa lembaga lain mengatakan bahwa lubang hitam itu adalah bagian dari sebuah triple system (sistem tiga bintang), yang dua di antaranya adalah bintang, dan berjarak hanya 1000 tahun cahaya dari Bumi. Karena sangat dekat dengan Bumi, sistem ini bisa dilihat dengan mata telanjang dari Bumi, khususnya dari kawasan selatan khatulistiwa pada malam yang cerah. Menurut pernyataan dari Chandra X-ray Observatory, perilaku lubang hitam seperti ini belum pernah terdeteksi sebelumnya.

“Lubang hitam ini seperti memiliki jadwal ‘makan’ yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Perilaku ini belum pernah terjadi sehingga kami harus membuat istilah baru untuk menggambarkannya, yaitu ‘X-ray quasi-periodic eruptions’,” ucap Giovanni Miniutti, seorang astronom di Pusat Astrobiologi Badan Antariksa Eropa (ESA), Spanyol.

BACA JUGA  Bos F1 : Balapan F1 Akan Tetap Dilaksanakan, Meski Pembalap Positif Covid-19

Dengan menggunakan alat Chandra X-ray Observatory milik NASA dan teleskop XMM-Newton milik ESA, para astronom melakukan penelitian yang menemukan bahwa lubang hitam ini mengandung sekitar 400 ribu kali massa Matahari.

Menariknya, lubang hitam tersebut berada di pusat GSN 069 yang terbilang cukup kecil untuk menjadi lubang hitam yang supermasif. Dengan semburan sinar-X yang terjadwal, hal ini menjelaskan mengapa lubang hitam ini tidak teramati sebelumnya.

Selang warku para astronom menemukan hasil penemuan lubang tersebut , para astronom memutuskan untuk mempelajari lebih lanjut kondisi dan apa yang terjadi dalam lubang hitam ini,  yang perlu digali dengan data dan model teoritis baru.

Lubang hitam dalam sistem HR 6819 tersebut uniknya tidak berinteraksi ganas terhadap lingkungan di sekitarnya dan karenanya terlihat sangat gelap. Para peneliti berhasil melacak kehadirannya dan massanya dengan mengamati orbit bintang yang mengelilinginya. Sejauh ini para ilmuwan baru menemukan puluhan lubang hitam di Galaksi Bimasakti dan hampir semuanya diketahui berinteraksi kuat dengan lingkungan di sekitarnya.

BACA JUGA  Waww, Nenek Ini Viral Karena Menjadi Gamer Tertua di Dunia

 

About dewi

Check Also

8 Pensil Warna Terbaik untuk Anak & Profesional, Rekomendasi Terbaru 2020

Mewarnai adalah sebuah kegiatan yang sangat disukai oleh anak anak. Selain itu, ternyata mewarnai juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *