Breaking News
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Fenomena Alam / Asteroid Mengancam Bumi! NASA Melakukan Siaga 1.

Asteroid Mengancam Bumi! NASA Melakukan Siaga 1.

NASA mendeteksi asteroid raksasa yang diberi nama XA22 1013 atau Apolo yang sedang mendekati Bumi. NASA merancang sebuah strategi membuat rencana untuk menghancurkanya, dengan cara menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid untuk menghentikan pergerakan dari Asteroid tersebut  untuk melewati Bumi.

Saat ini, Badan Antariksa asal Amerika Serikat sedang mengerjakan tahap yang paling akhir dan paling penting dari Uji Pengalihan Asteroid Ganda, DART.

Uji ini akan menjadi yang pertama bagi NASA untuk menjalankan misinya melindungi Bumi dari serangan Asteroid yang membahayakan.

Hal itu dilakukan karena para pakar antariksa khawatir bumi yang akan di tabrak oleh asteroid dan menyebabkan kerusakan yang besar.

NASA terus mengawasi asteroid tersebut sejak awal ditemukan, karena beresiko membahayakan untuk Bumi. Batuan ruang angkasa tersebut berukuran lebar 110 meter hingga 450 meter dengan luas hamper 1.500 kaki, perkiraan dari NASA.

Jika dibandingkan dengan objek yang ada di Bumi, Ukuran asteroid itu sama dengan ukuran London Eye atau bahkan lebih tinggi dari bangunan yang paling tinggi di Dunia, Menara Burj Khalifa di Dubai, seperti yang dilansir dari sINDONEWS.com yang dikutip dari Daily pada Senin (8/6/2020)

Asteroid ini ketika pertama kali dikabarkan melaju dengan kecepatan 12.77 kilometer per detik, atau sekitar 28.565 mph. Asteroid ini sudah meluncur dan melewati Bumi pada 7 Mei 2020 pada pukul 17.18 waktu Inggris atau 12.18 PM EST.

Objek ini cukup dekat menurut ilmu antariksa, NASA mengklarifikasi mengenai apapun yang menjadi Objek dekat Bumi jika dekatnya dengan Matahari kurang dari 1.3 unit astronomi.

Dalam antariksa, objek ini digolongkan sebagai asteroid appolo, batuan ruang angkasa yang lintasanya bersinggungan dengan orbit Bumi.

NASA melakukan pelacakan asteroid ini dengan serius, dan pada akhir-akhir ini melakukan eksperimen untuk menghancurkan asteroid sebelum mendekati Bumi.

Sebuah penelitian ilmiah mengatakan tentang manusia tidak mampu untuk meledakkan Asteroid di jalur Bumi karena fragmen-fragmen dari asteroid kemungkinan akan berubah karena pengaruh dari Gravitasi Bumi itu sendiri.

Para astronom dan  peneliti antariksa, melacak  sebanyak 2.000 asteroid, komet, dan benda lain yang mengancam Bumi. Dengan adanya penelitian ini, maka akan diketahui bahaya yang akan menimpa Bumi dari jauh-jauh waktu agar dapat mempersiapkan tindakan pencegahan.

About Rizki

Check Also

Pasanganmu Selingkuh? Kamu Dapat Gunakan Beberapa Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini

Kadangkala beberapa pasangan khawatir akan perselingkuhan, saking khawatirnya mereka akan berusaha untuk mengetahui apa yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *