Breaking News
Home / Review Product / As Roda Motor : Bagian Tersembunyi Pada Motor yang Layak Diperhatikan

As Roda Motor : Bagian Tersembunyi Pada Motor yang Layak Diperhatikan

As merupakan sebuah poros yang sering digunakan sebagai sumbu ataupun pusat sebuah lingkaran roda. As roda sepeda motor biasanya dilengkapi dengan bantalan laker agar putaranya menjadi lebih licin dan juga dapat digunakan sebagai peredam getaran. As roda motor memang hal yang mungkin tidak selalu mendapatkan perhatian para pemilik motor, karena biasanya orang lebih memperhatikan mesin dan komponen luar yang terlihat jelas oleh mata, seperti body, lampu, velg, ban, knalpot dll.

As roda motor juga harus kita perhatikan, mulai dari kecocokanny maupun kelayakannya untuk digunakan. As roda motor merupakan unsur penting dalam sepeda motor, karena memiliki fungsi sebagai poros maupun penahan roda. Bila as roda motor anda tidak layak, dan anda tidak mengetahui hal tersebut karena tidak pernah memperhatikanya, maka dapat menimbulkan kerusakan seperti patahnya as roda motor. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya bila terjadi pada saat kita mengendarai motor tersebut. Tentu saja kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi, maka dari itu rawatlah as roda motor anda, dan pastikan as roda motor masih layak untuk digunakan.

Apa itu bearing pada as roda motor ?

Apa itu bearing pada as roda motor ?

Bearing juga dikenal sebagai laher atau laker pada as roda motor. Memiliki fungsi sebagai komponen yang meminimalisirkan kejutan benturan pada saat motor melewati jalan yang rusak. Bearing juga membuat putaran as roda motor lebih licin, sehingga as roda dapat lebih awet digunakan, dan pergerakan motor lebih mudah.

Apa penyebab as roda motor dapat rusak ?

Apa penyebab as roda motor dapat rusak ?

As roda motor merupakan salah satu komponen yang terdapat pada motor. As roda ini dapat saja rusak oleh banyak faktor, seperti penggunaan motor yang sembarangan, motor sering menabrak lubang jalan, bearing motor yang sudah rusak, dan tidak adalanya carian pelicin pada as roda, bearing, dan velg. Hal-hal tersebut dapat memicu kerusakan pada as roda motor anda, dan dapat mengakibatkan efek yang buruk saat berkendara.

Apa ciri-ciri bila as roda motor mengalami kerusakan ?

Apa ciri-ciri bila as roda motor mengalami kerusakan ?

Berikut ini adalah ciri-ciri bila as roda motor anda mengalami kerusakan, yaitu :

– Terdengar suara kasar

– Bagian kemudi terasa bergetar

– Ban roda terlihat bergoyang saat berjalan

– Putaran roda tidak lancar

Apa efek yang terjadi jika tidak mengganti as roda motor yang rusak ?

Apa efek yang terjadi jika tidak mengganti as roda motor yang rusak ?

Banyak resiko yang akan didapatkan bila kita terus memaksakan menggunakan as roda motor yang telah rusak, seperti dapat menimbulkan kecelakaan, dan kerusakan komponen lain. Biasanya komponen yang rawan mengalami rusak akibat as roda motor yang tidak normal, adalah velg ataupun tromol. Hal ini karena gesekan yang terjadi pada velg atau tromol, sehingga lama kelamaan akan membuat velg dan tromol terkikis dan rusak.

Setelah melihat ulasan diatas, pastikan anda memperhatikan dan merawat dengan baik as roda motor anda. Kenali ciri-ciri as roda motor yang telah rusak, dan segera ganti dengan yang baru dengan kualitas yang baik.

About arz

Check Also

Membuat Desain Rumah Tampil Klasik dan Memukau dengan Jendela Nako

Jendela merupakan sebuah ventilasi udara yang digunakan untuk sebuah ruangan atau bangunan. Jendela menjadi faktor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *