fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanCORONA UPDATEKesehatanLuar Negeri

Apakah TRUST Bisa di Aplikasikan di Indonesia Untuk Menekan Virus Corona?

Sumber : Dr Mark van Rijmenan

Korea Selatan mampu menekan penyebara Covid-19 pada akhir Februari lalu. Tercatat Korea Selatan hanya melaporkan 47 kasus baru dan tidak adanya kematian pada warga yang berusia dibawah 29 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengakui Korea Selatan sebagai salah satu negara yang memiliki strategi terbaik dalam menangani pandemi Covid-19.

Berdasarkan pernyataan Duta Besar Korea untuk Indonesia, Kim Chang-Beom, mengatakan dalam penanganan kasus Korea Selatan dilakukan tanpa melakukan lockdown ataupun pembatasan transportasi  bahkan di kota Daegu, (6/4/2020). Dia menjelaskan  bahwa poin utama cara kerja pemerintah Korea Selatan dalam melawan Covid-19 bisa disingkat menjadi TRUST :

  1. Transparency (transparansi) 

Sistem transparasi antara pemerintah dan masyrakat sangat menentukan pencegahan menyebarnya virus corona. Dengan kata lain, semakin transparan pemerintah, semakin tinggi kepercayaan publik. Diketahui sejak hari pertama, masyarakat Korea Selatan telah menunjukkan tanggung jawab sipil yang luar biasa seperti social distancing.

  1. Robust screening and quarantine (skrining dan karantina yang kuat)

Korea Selatan menggunakan teknologi, seperti sejarah transaksi kartu kredit, rekaman CCTV, aplikasi dan GPS. Sehingga mudahnya informasi yang di dapat masyarakat untuk mengetahui orang yang sudah terinfeksi agar bisa cepat menjalani pengetesan.

  1. Universally applicable testing (tes yang universal)
BACA JUGA  [NGERI] Konon Tempat-tempat Ini Tercipta Karena Terkena KUTUKAN Tuhan, Ini Penampakanya!

Metode test menggunakan PCR dengan sampel yang diambil secara swab, bukan rapid test seperti di Indonesia. Hal ini dinilai karena PCR dinilai jauh lebih akurat dalam mengidentifikasikan infeksi. Untuk meningkatkan kecepatan dan kenyamanan tes PCR, juga diadakan test drive through di mana seseorang diambil sampelnya dalam keadaan masih di dalam mobil dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Keunggulan dari test ini adalah tidak perlu dilakukan penyemprotan didisinfeksi di lokasi.

  1. Strict control (kontrol yang ketat) dan treatment (perawatan).

Untuk menangani permasalahan, pemerintah Korsel membuat kategori untuk pasien Covid-19. Kategori tersebut dibagi menjadi berat, ringan dan sedang. Hanya pasien kategori berat dan sedang dengan penyakit penyerta saja yang memang dirawat inap di rumah sakit.

Apakah TRUST dapat dilakukan di Indonesia ?

Model penanganan yang dilakukan di Korea Selatan tidak bisa begitu saja diterapkan di Indonesia. Pasalnya, selain kondisi geografis dan populasi yang berbeda, Korea telah bersiap menghadapi wabah belajar dari MERS sejak tahun 2015.  Untuk Indonesia, Kim berkata bahwa hal-hal yang bisa ditingkatkan adalah transparansi data mengenai lokasi pasien dan kapasitas pengetesan. Hal yang lebih penting adalah meningkatkan kesadaran dan ketaatan publik dalam melaksanakan social distancing.

BACA JUGA  Gak Nyangka, Cosplayer Cantik Ini adalah Seorang Pria Tulen

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close