fbpx
FoodieGaya HidupKesehatan

Apa yang Terjadi Jika 10 Hari Berturut-turut Mengkonsumsi Bawang Putih?

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib pelengkap dari semua masakan. Namun, siapa sangka selain jadi pelengkap bumbu dapur, bawang putih juga sangat baik lho bagi kesehatan. Seorang Chef asal Inggris telah membuktikan langsung kahsiat bawang putih.

Berdasarkan penelitiannya, setelah mengkonsumsi air rendaman bawang selama 10 hari bertutur-turu Chef Ricardo mengaku terkejut mendapatkan hasilnya. Tak disangkan tubuhnya yang awalnya tambun juga sedikit menyusut akibat minum air rendaman bawang putih.

Sumber : Grid

“Saya akan bagikan resep ini pada wanita-wanita yang menginginkan perut rata seperti saya,” pungkas Chef Ricardo. Perubahan yang dialami oleh Chef Ricardo ternyata sudah diungkap oleh beberapa ilmuwan lain di Panjab University telah membuktikan hal itu. Berikut beberapa manfaat dari air rendaman bawang putih:

Ginjal akan sehat

Ternyata dengan rendaman bawang putih sangatlah berpengaruh pada kesehatan tubuh. Berdasarfkan beberapa sumber, hal ini menjelaskan jika mengonsumsi air rendaman bawang putih bisa mengobati dan mencegah kerusakan ginjal.

Gula darah normal

Jika mempunyai riwayat gula darah yang tinggi, air rendaman bawang putih bisa jadi solusi yang tepat. Studi dari Fakultas Sains di Universitas Kuwait menjelaskan bahwa jika air rendaman bawang putih bisa menurunkan kadar glukosa darah.

BACA JUGA  Beginilah, 2 Tips Ampuh Memasak Rendang Agar Empuk & Tidak Mudah Hancur

Tulang semakin kuat

Air rendaman bawang putih dapat menurunkan risiko terkena osteoartritis dan penyakit tulang lainnya. Sebabnya, kadar esterogen yang sangat penting untuk tulang akan meningkat lewat air rendaman bawang putih.

Namun, ada juga efek samping bawang putih jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:

  1. Sakit Kepala

Jika di antara kalian mengguanakan atau memakan bawang putih jika dikonsumsi dalam bentuk mentah akan memicu sakit kepala karena merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan neuropeptida yang masuk ke selaput otak dan memicu sakit kepala.

  1. Ruam Kulit

Konsumsi yang berlebihan rupanya bisa sebabkan iritasi kulit dan ruam.

  1. Bau Mulut

Kandungan yang terdapat pada bawang putih menyebabkan bau mulut. Selalu pastikan untuk sediakan semprotan penyegar napas saat komsumsi  bawang putih.

  1. Sebabkan Muntah dan Mulas

Konsumsi bawang putih mentah dalam jumlah berlebih sangat berpotensi sebabkan muntah dan mulas.

  1. Memperburuk Infeksi Vagina

Menjaga kesehatan vagina sangat diharuskan bagi setiap wanita. Maka dari itu, konsumsilah yang wajar saja.

Nah, demikianlah sedikt ulasan tentang pro dan kontra bawang putih

BACA JUGA  Waspada Minum Boba Bisa Memunculkan Penyakit Jantung

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close