fbpx
InternetTeknologiTrik & Tips

Akun Media Sosial Tidak Aman? Lindungi Dengan Aplikasi Ini!

Sumber: EDUCAUSE Review

Di zaman yang modern ini, media sosial tidak hanya menjadi pelengkap dalam hidup, namun lebih dalam lagi media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Meskipun media sosial yang sering kita gunakan itu terlihat aman, namun nyatanya ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk mencari keuntungan dari para pemilik media sosial tersebut.

Mereka menjadikan pemilik akun media sosial sosial, email atau lainnya sebagai target kasus-kasus peretasan mereka. Ada sebuah kasus pemilik sebuah akun media sosial yang menjadi korban social engineering atau rekayasa sosial. Pada waktu itu mereka terperdaya untuk menyerahkan OTP (One-Time-Passcode) mereka secara tidak sadar kepada pelaku. Pelaku kejahatan tersebut mendapatkan akses penuh atas akun mereka, dan menghabiskan saldo di dompet elektronik mereka.

Selain teknik social engineering ini, ada pula teknik SIM Card Swapping, namun teknik ini memerlukan kemampuan yang jauh lebih tinggi dan dukungan alat lainnya.

Contoh kasus diatas menunjukkan salah satu kelemahan verifikasi dua langkah berbasis OTP via SMS. Sebagai alternatif OTP berbasis SMS, kamu bisa mencoba aplikasi 2FA seperti Authy dan Google Authenticator.

BACA JUGA  Ingin Profesional Dalam Bekerja?? Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini!

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi 2FA?

Aplikasi ini bekerja dengan menghasilkan Time-based One-Time Passcode (TOTP). Ini hanya valid beberapa detik saja, dan pengguna harus segera memasukkan layanan yang diinginkan, jika tidak maka aplikasi 2FA akan menghasilkan TOTP baru.

Jadi jika ada seseorang yang mencoba mengakses aplikasi yang terhubung dengan 2FA, maka dia harus memasukkan kode TOTP yang hanya terpasang di perangkat pengguna aplikasi tersebut.

Singkatnya meski seseorang mencoba mengakses akun seseorang, itu hanyalah sia-sia karena kunci masuk ke akun tersebut dimiliki oleh pengguna asli pemilik aplikasi 2FA.

Cara menghubungkan aplikasi 2FA dengan akun media sosial

Sebelum kamu memulainya, pastikan kamu memiliki aplikasi 2FA, disini kami menggunakan aplikasi Authy, dan sebagai contohnya dengan menghubungkan aplikasi tersebut dengan akun mediaa sosial Twitter. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pada Twitter klik ikon profil > klik Setting and Privacy > klik menu Account > cari Login and Security, klik Security. Kemudian klik Two-factor-authentication dan pilih Authentication app. Setelah itu kamu akan mendapatkan jendela dengan kode QR. Pindai kode tersebut dengan aplikasi Authy, jika sudah berhasil, secara otomatis kamu akan dimintai untuk mengetik nama akun sebagai identitas akun yang telah kamu hubungkan. Berikutnya klik Done, dan kamu akan diminta memasukkan kode yang ditampilkan di aplikasi Authy. Setelah itu kamu akan mendapatkan notifikasi yang menandakan kamu berhasil menggunakan aplikasi 2FA.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close