fbpx
Teknologi

Adakah Teknologi Modern Pada Zaman Dahulu?

sumber: erinpost

Ngomongin teknologi nggak akan pernah ada habisnya sob, karena memang teknologi ada untuk membantu berbagai pekerjaan manusia. So, teknologi akan tetap berkembang untuk semakin memudahkan segala kebutuhan dan pekerjaan manusia. Tapi kamu pernah kepikiran nggak sih, apakah ada teknologi modern yang sudah ada sejak zaman dulu? Kalau dipikir sih nggak mungkin ada ya. Nah disini kita akan bahas salah satu teknologi modern yang sudah ada sejak zaman dulu, yang tentunya saat ini banyak digandrungi oleh banyak masyarakat, yaitu operasi plastik atau sering disebut juga dengan oplas.

Praktek dari operasi plastik modern ini pertama kali dilakukan oleh Sir. Harold Gillies yaitu pada tahun 1917. Kala itu praktek ini ia gunakan untuk menyembuhkan seorang pasien yang menjadi korban dari Perang Dunia I, pasien tersebut bernama Walter Yeo yang mengalami luka pada bagian mukanya.

Tapi, apakah benar praktek tersebut merupakan yang pertama? Jawabannya adalah tidak, karena ternyata pada 3.000 tahun yang lalu telah dilakukan praktek yang serupa, yaitu pada zaman mesir kuno.

BACA JUGA  Dijamin Tidak Salah Pilih, Ternyata Ini Dia Beberapa Kelebihan Google Classroom

Pada sekitar 2.500 sampai 3.000 SM telah ditemukan teks media tertua yang membahas tentang prosedur trauma dan bedah yang disebut Papirus Edwin Smith. Operasi plastik atau bedah plastik dinilai telah ada dalam teks tersebut. Masyarakat Mesir kuno, Roma, dan India telah berkecimpung dalam hal tersebut sejak zaman dahulu.

Orang pertama yang melakukan operasi plastik adalah seorang terkemuka di Mesir, yaitu Firaun II. Setelah dirinya meniggal, keluarganya dengan rapi memasukkan segenggam biji-bijian dan juga tulang kecil pada hidungnya. Hal tersebut mereka lakukan dan mereka percayai supaya arwah Firaun II bisa dikenali oleh dewa di alam baka. Di zaman ini, praktek tersebut dilakukan hanya kepada orang yang sudah meninggal.

Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa praktek ini juga dilakukan pada orang yang masih hidup, hal ini dilakukan untuk memperbaiki hidung seseorang yang telah dipotong sebagai hukuman karena telah melakukan pencurian. Pada abad 6 sebelum masehi pun, praktek serupa juga dilakukan pada orang yang masih hidup oleh masyarakat India.

BACA JUGA  Inilah Tampilan Epik Huawei P30, Cek Detailnya !

Jika terjadi kecelakaan yang melukai hidung, maka dilakukan sebuah langkah dengan menyobek kulit pipi dan dahi untuk dijahit ke area yang terluka. Langkah tersebut juga  dilakukan pada masa sekarang, namun dilakukan dengan teknologi yang lebih canggih. Untuk operasi plastik kecantikan dengan teknik serupa juga dilakukan oleh bangsa Romawi kuno pada zaman dulu.

Nah itu tadi adalah contoh teknologi modern yang sudah ada pada zaman dahulu, semoga dapat menginspirasi sobat semua dalam belajar berbagai hal tentang teknologi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close