fbpx
Home / Rekomendasi Terbaik / 8 Jangka Sorong Terbaik, Digital, Virtual | Terbaru 2020

8 Jangka Sorong Terbaik, Digital, Virtual | Terbaru 2020

Jangka sorong merupakan alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda dan juga diameter lubang, dengan akurasi hingga 0,01 milimeter. Biasanya alat ini digunakan untuk survei lapangan, hobi merakit model, serta aktivitas DIY. Di pasaran ada tiga jenis jangka sorong, yaitu analog, digital, dan dial.

Cara menggunakan alat ini untuk mengukur ketebalan dan diameter benda adalah dengan menjepit benda. Penjepit tersebut disebut dengan ‘jaw’. Alat ini bahkan bisa digunakan untuk mengukur hingga unit kecil atau ˂ 1 mm. Disamping itu, bila digunakan dengan benar, kamu juga bisa menghitung selisih ukuran dan mengukur kedalaman objek.

Dalam memilih jangka sorong juga tidak boleh sembarangan, kalian harus tahu kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat benar-benar mendukungmu untuk melakukan pekerjaan. Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikir matang-matang, diantaranya adalah memilih jangka sorong sesuai tujuanmu, mudah digunakan untuk satu tangan, pilih sesuai objek yang ingin diukur, fungsi tambahan yang dimiliki, kualitas produk, budget, pertimbangkan juga akurasi alat, skala terkecil, dan tingkat kesalahan instrumen.

BACA JUGA  8 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik, Aman, Cepat Khasiatnya | Terbaru 2020

Selanjutnya langsung saja akan dibahas beberapa rekomendasi jangka sorong yang dapat kamu pertimbangkan.

1. C-MART | Vernier Caliper (Rp 218.000)

Biasanya tulisan penanda pada jangka sorong akan cepat hilang bila sering digunakan, namun kalian tidak perlu khawatir lagi. Keunggulan dari produk ini adalah tulisan ukuran pada skala yang dapat bertahan lama karena grafir pada skala dicetak lebih dalam sehingga cat tidak mudah pudar.

2. Fiber Carbon Digital Vernier Caliper (Rp 68.000)

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki empat fungsi yang memungkinkanmu mengukur objek dengan saksama. Fungsi tersebut adalah kemampuan mengukur diameter dalam, luar, kedalaman, dan step zero. Meski memiliki empat fungsi, namun produk ini memiliki harga yang bersahabat. Hal ini dikarenakan carbon fiber plastic yang menjadi bahan utamanya dan bukan sepenuhnya stainless steel.

3. C-MART | Dial Caliper (Rp 504.000)

Biasanya salah satu kelemahan yang dimiliki jangka sorong dengan tipe dial adalah jarum pada dial yang mudah terlepas dari gir. Namun produk kali ini berbeda, karena sudah dilengkapi dengan kemampuan shockproof yang dapat meredam guncangan. Jadi apabila secara tidak sengaja menjatuhkan jangka ini, jarum yang ada pada dial tidak akan terlepas dengan mudah.

BACA JUGA  8 Sisir Kucing Terbaik, Lembut, Awet, Rekomendasi Terbaru 2020

4. Insize | Dial Caliper (Rp 845.000)

Kalian tidak perlu khawatir kesulitan membaca dial, karena produk ini memiliki kelebihan dial putih dan nilai pengukuran yang jelas sehingga mudah untuk dibaca. Jika kamu kesulitan membaca tulisan yang terlalu kecil, produk ini sangat sesuai untukmu.

5. Krisbow | Digital Caliper (Rp 519.000)

Jangka sorong lokal ini tidak perlu diragukan lagi, dengan akurasi yang tinggi, kualitasnya bahkan mirip dengan merek terkenal, Mitutoyo. Harganya juga jauh lebih murah yang menjadikan produk ini laris di pasaran tanah air. Jika kamu menginginkan produk lokal berkualitas setara internasional, produk ini sangatlah cocok.

6. MITUTOYO | Dial Caliper (Rp 1.978.000)

Produk ini adalah jangka sorong kelas atas yang berasal dari Jepang. Keunggulan dari produk ini adalah jaw yang ramping dan juga tajam sehingga dapat mengapit benda kecil dengan lebih akurat. Jadi bila kamu mengerjakan sesuatu yang membutuhkan presisi tinggi, produk ini sesuai untukmu.

7. MITUTOYO | Vernier Caliper (Rp 400.000)

Kembali lagi pada produk kelas atas dari Jepang, keunggulan utama dari produk ini adalah skala pada slider yang berada pada sudut 14 derajat, sehingga nilai pengukuran dapat lebih mudah dibaca. Selain itu, produk dengan bahan stainless ini juga memiliki berat yang hanya 148 gram, hal ini sudah cukup tergolong ringan.

BACA JUGA  8 Raket Bulu Tangkis Terbaik, Ringan, Awet  rekomendasi Terbaru 2020

8. MITUTOYO | Digital Caliper (Rp 1.143.000)

Kamu mencari jangka sorong dengan akurasi tinggi untuk pemakaian profesional? Berarti produk ini cocok untuk Anda. Jenis digital ini memiliki response speed 1,5 detik yang berarti kamu bisa langsung mengetahui hasil pengukuran dalam waktu singkat. Selain itu, produk ini juga memiliki desain warna yang menarik dengan warna kuning neon dan hitam yang memberikan kesan profesional dan cool.

Itulah tadi beberapa rekomendasi jangka sorong dengan berbagai kelebihannya yang dapat menjadi pertimbanganmu saat ingin membelinya.

About syharil

Check Also

8 Rubik Terbaik 3×3, Magnet & Biasa – Rekomendasi Terbaru 2020

Sebenarnya mainan Rubik’s Cube sudah lama ada di Indonesia. Namun baru booming mulai tahun 2008. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *