fbpx
FoodieGaya Hidup

5 Masakan Indonesia yang Awet Untuk Menu Sahur

Sumber: DetikFood

Jika membahas Nusantara emang gak ada habisnya, bukan saja keindahan alamnya yang menakjubkan, melainkan juga variasi kuliner yang lezat dan menggoda untuk di cicipi. Beberapa di antara kuliner Indonesia tersebut bahkan ada yang tahan lama dan bisa disimpan berbulan-bulan lho, cocok banget kan dengan suasana puasa Ramadan di tengah pandemi saat ini. Dari rendang daging sapi sampai dendeng kering, berikut beberapa makanan Indonesia yang awet dan pastinya masih enak:

  1. Kering tempe

Makanan yang terbuat dari olahan kedelai yang nikmat ini bisa dinikmati sebagai pengganti daging. Cocok bagi kalian yang vegetarian. Kabar baiknya, olahan tempe menjadi kering tempe juga bisa awet lama karena tak menyimpan banyak air. Cocok banget disimpan untuk salah satu lauk sahur .

  1. Kering kentang
    Kentang yang digoreng kering dan dibumbui pedas ini juga dikenal dengan sebutan mustofa atau kering kentang mustofa. Untuk rasa, pastinya bikin nagih lho. Selain buat lauk, kering kentang ini juga sedap dinikmati sebagai camilan. Jika kalian padukan antara kering temped an kentang juga oke banget pastinya.
  2. Abon
    Sama seperti rendang, abon jenis lauk yang menggunakan daging seperti sapi, ayam, maupun ikan sebagai bahan utamanya. Bentuknya yang berupa serat-serat tipis diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa gurih manis yang lezat. Dijamin bisa makan lahap meski hanya dinikmati dengan seporsi nasi hangat.
  3. Rendang
    Makanan ini berbumbu rempah yang kuat dan khas dan biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Dibanding dengan masakan kalio yang masih basah, rendang ini berwarna lebih gelap dan kering. Masakan khas yang satu ini asalnya dari tanah Minang di Sumatera Barat. Bahkan rendang juga termasuk makanan terlezat di dunia loh.
  4. Pempek
    Makanan khas masyarakat daerah Sumatera Selatan ini juga tak kalah populer dibanding rendang. Biasanya pempek ‘diawetkan’ dengan membuatnya kedap udara, atau membaluri pempek dengan tepung sehingga tak lembap.
BACA JUGA  Tips, Membuat Cendol Rumah yang Enak

Nah, ulasan diatas adalah menu lauk yang cocok banget buat menemani sahur kalian di bulan Ramadhan. Selamat mencoba.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close