fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriGaya HidupKesehatanLuar NegeriTrik & Tips

3 Trick Makbul Hidup Damai Berdampingan dengan Virus Corona

Berdasarkan maraknya informasi bahwa virus corona yang tak dapat enyah dari bumi versi WHO. Tak lama selang waktu tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada seluruh masyarakat untuk berdamai dan hidup berdampingan bersama virus corona. Setidaknya, hal ini dilakukan selama vaksin belum ditemukan. Terdapat tiga catatan utama jika masyarakat ingin berdamai dengan virus corona ini.

“Pemerintah bisa membagi tiga klasifikasi tahapan program jika ingin masyarakat berdamai dengan corona yakni, tahap emergency, tahap survival, dan tahap recovery,” ujarnya pada Senin (18/5). (Dikutip dari Merdeka.com)

  1. Emergency

Dia menjelaskan bahwa pada tahap emergency adalah usaha dalam menurunkan jumlah penularan kasus baru Covid-19. Termasuk pemenuhan sarana layanan kesehatan seperti alar pelindung diri (APD), test PCR, dan kebutuhan ruangan perawatan.

  1. Survival

Kedua, lanjut Eko, adalah tahap survival bagaimana menahan atau mengurangi dampak ekonomi, sosial imbas dari virus Covid-19. Seperti misalnya dengan adanya pemberian bansos, bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat. Perlu di ingat bahwa dalam pembagian ini perlunya kerja sama antara pemerintah dan wilayah daerah setempat mengenai siapa saja yang memang membutuhkan bantuan. Sehingga nanti nya dalam pemberian bantuan ini, tepat sasaran dan target pada masyarakat yang memang sangat membutuhkan.

BACA JUGA  Puasa Membuat Ngantuk Saat Mengemudi? Ini Dia Tips Supaya Fokus Mengemudi Saat Berpuasa
  1. Recovery

Terakhir tahap recovery ini, dia menjelaskan jika pada tahap ini pemerintah harus mencari sektor-sektor yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dengan bantuan-bantuan intensif maupun stimulasi dana.

Kemungkinan dengan mencari sektor lain seperti contoh pertanian, perikanan, peternakan bisa menjadi prioritas utama dengan maksud terjaga ketahanan pangan di Indonesia. Hal ini secara tidak langsung dapat menggerakan sektor perkonimian bahkan pendapatan negara. Pasalnya hal yang di butuhkan saat ini adalah konsumsi makanan bagi masyarakat.

Sedangkan untuk Sektor industri atau perkantoran pada tahap recovery sudah bisa mulai beroperasi dengan mengatur jadwal kerja dari rumah maupun kantor, namun dengan mengikuti protocol kesehatan yang ada. Selebihnya, dia juga mejelaskan poin utama dari semua ini adalah penyediaan tempat cuci tangan di seluruh fasilitas umum secara luas dan ketegasan para petugas sebagai momentum perubahan pola hidup sehat masyarakat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close